Halaman

Jumat, 03 Juli 2009

Pemograman database apaan tuch....

database controller

Selain sering kita denger pemograman aplikasi, pemograman web atau yang sejenisnya..nich ada satu istilah lain lagi tentang pemograman biasanya sering dibuat untuk aplikasi perkantoran, atau perusahaan-perusahaan…intinya pemograman ini lebih sering digunakan untuk utak-atik atau manipulasi data-data baik itu berupa pengentryan, pengeditan bahkan sampai penghapusan data…itu semuanya bisa dilakukan terserah si Administrator....
Sesuai yang diomongin di atas pemograman yang dimaksud yaitu “Pemograman Database”. Apa itu database?? Penjelasannya gini...Database merupakan sekumpulan file yang saling berhubungan dan diorganisasi sedemikian rupa sehingga bisa untuk memudahkan dalam mendapatkan atau memproses data. Lingkungan kerja database menekankan data yang tidak tergantung (independent data) pada aplikasi yang akan menggunakan data. Sebelumnya….arti dari data sendiri yaitu…sekukmpulan fakta-fakta dasar yang menyertai suatu kejadian dan masih dalam dalam keadaan terpisah (masih belum dikaitkan dengan data yang lain).

Pembuatan database harus dibuat dengan rapi, hal itu dibuat dengan tujuan agar setiap data yang sesuaidengan tempatnya. Contohnya seperti, penyimpanan buku dalam suatu perpustakaan. Penyimpanan buku harus dikelompokkan dengan berdasarkan jenis atau kategori-kategori tertentu, misal kategori buku komputer, buku pertanian, psikologi atau yang lainnya. Kemudian dikelompokkan lagi berdasarkan abjad judul buku. Semuanya ini dilakukan tidak lain agar setiap pengunjung agar dapat mudah dalam melakukan pencarian dan mendapatkan buku yang diinginkan.

Maka dari itu, sebuah database yang baik harus memilki kategori yang akan digunakan sebagai pengelompokkan data. Dalam komputer, penggunaan database itu menggunakan table-tabel. Selain itu, dalam table-tabel itu sendiri masih dibedakan / dikelompokkan lagi menjadi beberapa bagian untuk membedakan data yang satu dengan data yang lainnya. Dalam sebuah tabel harus mempunyai satu kategori data yang akan digunakan sebagai kunci untuk membedakan data yang ada dalam satu tabel. Data kunci tersebut tidak boleh sama antara satu dengan data kunci yang lainnya. Data kunci itu sering disebut dengan istilah Primary Key. Data kunci atau Primary Key digunakan untuk memperudah pencarian sebuah data. Dengan kata kunci, setiap data yang terdapat dalam sebuah tabel dapat dibedakan, sehingga dalam pengolahan data tidak terjadi tumpang-tindih antara satu data dengan data yang lainnya.

Masih banyak istilah-istilah yang terkait dengan database misal seperti konsep relational database atau yang sering disebut dengan RDBMS (Relational Database Management System), atau yang lain yaitu jenjang data…pokok masih banyak lagi yang istilah-istilah yang terdapat dalam database..dan menurut saya sangat menarik untuk dibahas…