Halaman

Selasa, 10 Mei 2011

Membuat laporan PDF dengan ezPDF

Dalam setiap aplikasi sistem informasi kurang lengkap rasanya jika tidak ada laporan. Baik itu yang berbasis desktop ataupun yang berbasis web. Khusus untuk java aplikasi desktop mungkin dengan menggunakan jasper report atau Crystal report kendala sudah teratasi, apalagi dalam kedua aplikasi tersebut pembuatan desain laporan memiliki interface yang memudahkan user. Terus bagaimana dengan aplikasi yang berbasis Web...apalagi jika yang diminta dalam format pdf… Celakanya php tidak mempunyai fungsi bawaan (built-in) untuk menangani masalah pembuatan laporan dengan format pdf.

Saat ini telah tersedia banyak sekali library generator PDF yang siap pakai dan gratis. Beberapa diantaranaya cukup populer adalah PDFLib, FDPF, dompPDF, dan ezPDF. Menurut penulis sendiri lebih memilih menggunakan ezPDF, beberapa alasannya mungkin seperti : Insert gambar JPEG, penomeran halaman secara otomatis, tabel yang dinamis, mendukung berbagai macam kertas, dan sebagaianya yang mendukung format laporan pdf pada umumnya…



Yang memnbingungkan mungkin penempatan dan pengaturan header tabel yang harus menyesuaikan dengan kordinat x, y. Mungkin jika bentuk tabelnya biasa-biasa saja bisa diatasi, yang masalah jika penggabungan beraneka ragam kolom.

Berikut cara instalasi ezPDF :
1. Download terlebih dahulu ezPDF disini.
2. Ekstrak file tersebut hingga hasilnya akan menghasilkan enam file dan satu folder fonts, namun kita cukup menggunakan 2 file yaitu class.pdf.php dan class.ezpdf.php serta folder fonts.
3. Kemudian pindahkan dua file dan folder fonts tersebut ke folder aplikasi pgp yang membutuhkan pembuatan laporan pdf.

Catatan;

• Apabla anda menggunakan paket instalasi XAMPP, maka class.ezpdf.php bisa ditemukan di folder xampp/php/pear.