Halaman

Sabtu, 11 Juni 2011

Mengenal Games Ratings (Level pada game)

Bagi para penggemar games mungkin lebih sering mengetahui tentang games ratings itu apa, tapi Kalo diartikan per kata mungkin seperti ini Games = “Permainan”, Ratings = “Nilai” (Nurut bhs inggris lo….). Yups..mungkin kurang lebih seperti itu jika diartikan secara umumnya Games Ratings merupakan pembagian game beradasarkan usia dari pemakai atau gamer yang dicetuskan oleh suatu organisasi tertentu. Contohnya : yang umum dan sering dilihat yaitu Symbol ‘T’ besar biasanya terletak pada pojok atas atau dibawah pada bungkus kaset games, yang mempunyai kepanjangan “TEEN”.




Beberapa literatur menyatakan bahwa “di Indonesia tidak lebih dari 10% orang tua yang memperhatikan rating dari game yang anak mereka mainkan”. Rating pada game atau GAMES RATINGS sangatlah penting karena dapat membantu orang tua dalam menyeleksi game-game yang mengandung kekerasan, sex, penggunaan alcohol dan narkotika yang sangat tidak cocok dimainkan oleh anak-anak karena dapat mempengaruhi kondisi psikologi mereka.

Ada sebuah organisasi nirlaba bernama “The Entertainment Software Rating Board (ESRB)” yang bertugas memberikan penilaian terhadap game-game dan menentukan rating game tersebut berdasarkan muatannya.




Berikut adalah beberapa rating game yang dikeluarkan oleh ESRB :

• EARLY CHILDHOOD (EC) : Game ini cocok untuk anak-anak usia 3 tahun ke atas karena tidak mengandung unsur-unsur kekerasan sama sekali.
• EVERYONE (E) : Game ini cocok untuk anak-anak usia 6 tahun ke atas. Dalam game ini terkandung unsur kekerasan dalam taraf yang masih ringan, beberapa unsure komik kejahatan atau kenakalan, atau kata-kata yang halus.
• EVERYONE 10+ (E10+) : Game ini cocok untuk anak-anak usia 10 tahun ke atas karena berisi banyak kartun, kekerasan dalam taraf ringan, dan memiliki tema yang sugestif.
• TEEN (T) : Game ini cocok untuk anak-anak usia 13 tahun ke atas. Dalam game ini terkandung unsure kejahatan dan penggunaan bahasa dari yang halus hingga yang kasar.
• MATURE (M) : Game ini cocok untuk usia anak 17 tahun ke atas. Dalam game ini terkandung unsure sex, kekerasan, dan kata-kata yang kasar.
• ADULT ONLY (AO) : game ini dipastikan memuat unsure-unsur kekerasan dan kata-kata yang kasar maka disarankan agar game ini tidak dimainkan oleh anak usia di bawah 18 tahun.
• Rating Pending (RP) : Game ini adalah game - game yang sudah mendaftarkan diri ke ESRB tetapi belum keluar hasil rating-nya.
• KIDS TO ADULT (K-A) : Game ini cocok untuk anak usia 6 tahun ke atas. Dalam game ini terkandung sedikit unsur kekerasan, kenakalan dan kata-kata kasar. Kode ini sudah lama tidak digunakan lagi karena karakteristiknya sama seperti kode EVERYONE.