Halaman

Senin, 14 Februari 2011

Beberapa kelebihan WMP di Seven...

Bagi pengguna Windows baik Windows versi sebelumnya atau Windows 7 yang masih baru. Dalam sistem operasi keluaran Microsoft ini ternyata banyak aplikasi yang disertakan didalamnya, salah satunya Windows Media Player (WMP). Memang untuk beberapa versi Windows 7 tidak menyertakan software WMP ini, tetapi untuk Windows 7 Versi Ultimate sudah mengikut sertakan WMP ini. Namun demikian anda juga bisa mendownloadnya sendiri lewat internet dengan mengunjungi situs resmi dari microsoft.





Tampilan

Kalau Anda sudah mencoba Windows Media Player versi sebelumnya mungkin akan merasakan perbedaan yang signifikan dengan tampilan WMP12. Di sini penampilannya lebih cerah dan minimalis kalau dibandingkan dengan WMP versi 11. Beberapa tombol dan ikon di toolbar telah dihilangkan beberapa, tetapi dalam hal pemakaian mungkin tidak jauh berbeda dibandingkan dengan versi 11. Di sini perubahan yang sangat siginifikan adalah dihilangkannya tombol Now Playing yang jika diklik akan menampilkan daftar playlist yang sedang dimainkan.




Windows Media Player versi 12 memisahkan manajemen library dengan file yang sedang diputar dengan membuat dua jendela terpisah: jendela Now Playing dan jendela Library. Jendela Library berisikan semua fitur-fitur untuk mengelola file-file multimedia yang ada di komputer, sama seperti WMP11 sedangkan jendela Now Playing memuat daftar playlist audio, visualisasi dan video yang sedang diputar.

Dalam Windows Media Player 12 ini terdapat taskbar mini viewer baru. Di mana ini berjalan pada taskbar Windows 7 dengtan dukungan untuk Jump Lists yang dapat menampilkan fungsi-fungsi spesifik dari ikon taskbar Windows Media Player 12 tersebut. Namun demikian terlepas dari pemisahan jendela Library dan Now Playing tersebut, Windows Media Player 12 tetap memiliki sistem pengoperasian dasar yang relatif hampir sama dengan versi sebelumnya. Kemudian, Microsoft juga tidak ketinggalan menambahkan beberapa fitur baru, seperti automatic previewing yang digunakan saat kursor berada di salah satu daftar lagu secara otomatis 15 detik awal dari lagu tersebut akan dijalankan. Selain itu, Library view yang sekarang sudah bisa menampilkan semua tipe file media secara serempak, di mana pada versi sebelumnya hanya dapat menampilkan Audio, Video, TV atau gambar secara terpisah.

Dukungan Codec

Ketika Anda akan memutar suatu file multimedia dengan Windows Media Player yang tidak memiliki codec yang cocok, maka WMP akan mencoba untuk mendeteksi codec yang dibutuhkan dan secara otomatis memberikan lokasi untuk mengunduhnya. Akan tetapi seringkali fitur ini gagal mendeteksi codec dengan benar atau gagal menemukan lokasi untuk mengunduh codec tersebut.

Namun di Windows 7 fitur ini sudah tidak demikian lagi, dimana format yang didukung di WMP12 termasuk codec untuk H.264 video, AAC audio, MJPEG, MP4, 3GP, AVI, Xvid dan DivX video berikut semua format yang sebelumya sudah didukung WMP11 di Vista (MPEG2, WMV, WMA, MP3, dan lain-lain). Jadi cukup canggih dan akan memuaskan bagi penggunanya, dan sebagai tambahan Microsoft juga telah menambahkan paket sumber DirectShow terbaru yang menjembatani antara DirectShow dengan Media Foundation. Jadi dalam hal ini Windows Media Player 12 dapat menjalankan format media lama yang sebelumnya tidak didukung lagi oleh Media Foundation. Dengan demikian Microsoft ingin sebagian besar format file multimedia yang dapat ditemui di internet.

Streaming

Salah satu keistimewaan Windows Media Player yang ada di Windows 7 adalah bagaimana aplikasi ini dapat menggunakan sumber daya jaringan yang ada baik LAN ataupun WAN. Di mana pada versi sebelumnya (Windows Media Player versi 11) telah memiliki kemampuan untuk mengakses daftar file multimedia dari PC pengguna dalam suatu jaringan lokal (LAN), selama mereka mengunakan WMP juga tentunya. Di Windows Media Player 12 ini kemampuan tersebut diperluas dan dipercanggih lagi dan tidak hanya dapat mengakses playlist WMP saja, melainkan juga iTunes. Dengan dukungan format yang sudah disebutkan di atas (H.264 dan AAC), WMP12 dapat memutar sebagian besar file media di iTunes. Namun demikian tidak seluruhnya, karena pihak Apple tidak memberikan lisensi FairPlay DRM kepada pihak ketiga, jadi WMP tidak dapat menjalankan file dari toko iTunes yang diproteksi dengan DRM tersebut.

Sesuai dengan perkembangan teknologi, ternyata tidak hanya itu, dengan Windows Media Player 12 juga memungkinkan pengguna memutar file audio dan video di WMP12 dari perangkat lain, sebuah fitur yang dinamakan Play To. Windows Medja Player 12 dapat mengirimkan multimedia ke komputer lain dalam satu HomeGroup dalam proses streaming, jadi dengan demikan Anda dapat mengakses dokumen dari Laptop atau NetBook, tetapi menjalankannya pada HTPC (Home Theater Personal Computer) yang terhubung dengan perangkat sound system.

source : wss-id.org