Halaman

Senin, 21 Februari 2011

Memahami Logika Teknik Paging

Pada artikel sebelumnya mungkin anda sudah diperkenalkan dengan istilah paging, apa itu paging…dan bagaimana membuat paging secara sederhana. Dalam tutorial kali ini penulis mengajak untuk memahami logika teknik paging yang menjadi pembahasan kita kali ini. Sekedar review…teknik paging merupakan sebuah teknik dalam pemrograman web untuk menampilkan data yang terdiri dalam beberapa halaman dikarenakan banyaknya data yang akan ditampilkan, kalo lupa baca artikel sebelumnya….
Lanjut.. dalam logika penggunaan teknik paging yang perlu anda pahami hanyalah mengenai posisi data yang ada di dalam database dan limit (batas), untuk menentukan berapa banyak data yang akan ditampilkan untuk lebih jelasnya lihat gambar 1.1

logikaPaging
Ilustrasi contoh dari paging


Dari ilustrasi pada gambar di atas, posisi data pertama dalam database dimulai dari 0 dan contoh limit/batasnya adalah 5. Sedangkan sintaks dari perintah LIMIT adalah :

SELECT * FROM nama_tabel LIMIT posisi, batas;

Jadi, berdasarkan sintak di atas jika kita ingin menampilkan hanya lima data pada halaman 1 (1 s/d 5) maka sintak SQL-nya seperti ini:

SELECT * FROM nama_tabel LIMIT 0,5;

Jadi, apabila kita ingin menampilkan lima data berikutnya pada halaman 2 (6 s/d 10) maka sintak SQL-nya seperti ini:

SELECT * FROM nama_tabel LIMIT 5,5;

Begitu seterusnya jika kita ingin menampilkan data pada halaman-halaman yang selanjutnya. Sekian dulu tutorial untuk kali ini, jika ada waktu saya akan lanjutkan dengan “Langkah Mudah menerapkan paging”…Thanks